PMRI


Pada web site  reocities.com/ratuilma berisikan tentang web. CASCADE-IMEIyang dibuat oleh Zulkardi untuk membantu mahasiswa calon guru dan guru matematika di Indonesia belajar pendidikan matematika realistik atau Realistics Mathematics Education(RME)CASCADE-IMEIadalah suatu sumber belajar matematika yang mengkombinasikan perkuliahan tatap muka dan Web site. Ini adalah studi empat tahun yang sedang berjalan di  Faculty Educational Science and Technology University of Twente, di Belanda sejak Agustus 1998. Penelitian dilakukan di jurusan matematika Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.  
CASCADE-IMEI adalah Computer Assisted Curriculum Analysis, Design and Evaluation for an Innovation in Mathematics Education in Indonesia.   Studi ini dikembangkan dari studi terdahulu tetang CASCADE (Nieveen, 1997), CASCADE-SEA (McKenney, sejak 1996) dan CASCADE-MUCH (Wang, sejak 1997). Setiap sistem CASCADE menyediakan fasilitas bantuan dalam bentuk alat kerja, alat belajar dan alat komunikasi untuk pengembang kurikulum, guru dan calon guru menggunakan teknologi komputer.   CASCADE-IMEI mencoba mengembangkan penelitian yang lama dengan menyediakan fasilitas bantuan tersebut tidak hanya menggunakan komputer semata tetapi menggunakan teknologi baru yaitu internet atau Web site. 

Apa RME?

RME atau Realistic Mathematics Education adalah teoi pembelajaran dalam matematika yang telah dikembangkan di  Freudenthal Institute, Utrecht Belanda sejak 30 tahun lalu. Teori ini dikenal sukses sebagai pendekatan dalam mereformasi pendidikan matematika di banyak negara di dunia seperti USA, Afrika Selatan, Panama, Jepang dan Portugal.    
 
APA KARAKTERISTIK RME?
RME mempunyai lima karakteristik:
1.     Menggunakan konteks yang real terhadap siswa sebagai titik awal untuk belajar
2.     Menggunakan model sebagai suatu jembatan antara real abstrak yang membantu siswa belajar matematika pada level abstraksi yang berbeda.
3.     Menggunakan produksi siswa sendiri atau strategi sebagai hasil dari mereka “doing mathematics”
4.     Interaksi adalah penting untuk belajar matematika antara guru dan siswa, siswa dan siswa.
5.     Keterkaitan antara unit-unit matematika dan masalah-masalah yang ada dalam dunia ini.

MATERI RME

BAGAIMANA MENGGUNAKAN MATERI RME?

Persiapan yang baik seorang guru adalah menyiapkan materi pelajaran dengan mengerjakan semua soal secara berurutan seperti seorang siswa. Ini dikatakan dengan konsep “guru sebagai siswa” (teacher as learner). Catat semua solusi yang anda gunakan. Setelah itu, baca petunjuk guru yang berisi contoh solusi dan petunjuk. Dengan membandingkan solusi yag gunakan dengan solusi yang ada pada petunjuk guru, engkau akan mendapatkan pemahaman yang tinggi akan materi tersebut atau akan apa yang dialami siswa anda di kelas. Mungkin juga anda akan menemukan strategi berbeda yang menambah kaya pengetahuan anda sebagai guru.

BAGAIMANA MENGENALKAN LESSON MATERIALS?

Beri informasi kepada siswa bahwa materi RME mugkin sangat berbeda dari buku-buku yang telah mereka gunakan dulu. Saat mengenalkan materi coba untuk mengukuti ide berikut ini:
1.     Matari RME lebih dari sekedar komputasi. Hal ini akan membantu siswa mengembangkan daya pikir dan kemampuan berargumentasi yag dapat mereka gunakan selama hidupnya. Katakan pada siswa bahwa gambar-gambar dan alat-alat yang mereka gunakan untuk menyelesaikan masalah atau soal juga sangat berbeda dari yang biasa mereka gunakan tetapi akan membantu untuk matamatika lebih jelas bagi mereka.
2.     Kebanyakan soal-soal dapat diselesaikan dan dijelaskan dengan lebih dari cara. Tujuannya adalah untuk mendiskusikan perbedaan strategi dan kemudian menentukan mana yang terbaik untuk suatu masalah atau soal. Jelaskan bahwa sesekali anda akan bertanya siswa tertentu untuk turut serta aktif dengan menjelaskan idenya dan pada kesempatan lain anda akan meminta siswa untuk mendengarkan dan menganalisa pendapat kawannya tersebut.
3.     Untuk memberikan kesempatan siswa menjelaskan pemikirannya dan mengerti pemikir seseorang, para siswa akan sesekali kerja dengan kawan sebangkunya atau kelompok kecil.
4.     Jelaskan bahwa siswa mungkin akan surprise terhadap variasi soal atau materi yang dipakai.

METODE

BAGAIMANA MEMULAI PELAJARAN RME?

Gunakan ide berikut bila memulai pelajaran menggunakan metode realistik.
1.     Materi RME lebih dari sekedar menghitung tetapi membangun kemampuan berpikir dan berargumentasi yang dapat dipakai oleh siswa selamanya. Materi yang diakai berbeda dengan materi lama.
2.     Kebanyakan soal dapat diselesaikan lebih dari satu strategi atau solusi. Tujuannya adalah untuk mendiskusikan perbedaan strategi memutuskan mana yang terbaik untuk soal itu. Dalam diskusi guru akan menanya siswa tertentu untuk menjelaskan idenya dan di lain waktu siswa tertentu akan diminta mendengarkan dan  menganalisa jawaban temannya.
3.     Siswa bekerja sendiri atau berdua atau dalam grup kecil untuk mendapat kesempatan lebih banyak menjelaskan pikiran dan pengertiannya.

BAGAIMANA MENGELOLA KELAS?

Suksesnya implementasi materi RME tergantung pada kemampaun guru untuk membuat suatu iklim dimana siswa mau mencoba berpikir dengan cara baru dan mengkomunikasikan apa yang dihasilkanya. Jika guru menghargai perbedaan jawaban siswa, mala siswa akan respek untuk mencoba idenya. Gunakan pengawahan seperti, dengar penjelasan temanmu, bagaimana hal ini biasa berbeda dengan jawabanmu? Peran anda sebagai guru untuk memberi semangat atau motivasi interaksi diantara sisa. Jika mereka kesulitan di grupnya, maka diskusi kelas akan membantu. Terutama dalam hal evaluasi strategi mana yang paling cocok untuk suatu masalah.

PENILAIAN DALAM RME

BAGAIMANA MELAKUAKAN PENILAIAN DALAM RME

Melakukan penilaian selama pelajaran, guru meminta siswa untuk mmenulis esai, untuk melakukan percobaan, mengumpulkan data dan untuk erancang latihan yang didapat digunakan dalan uji cobam atau untuk merancang tes bagi siswa lain di kelas. Penilain dapat dilanjutkan dengan memberikan siswa beberapa masalah sebagai PR. Tapi, untuk berhubungan dengan tes berstandar nasional, prosedur penilaian harus mencerminkan tujuan kurikulum.
Berikut lima prinsip penilaian sebagai panduan dalam melakaukan penilaian dalam RME:
1.     Tujuan utama pengujian adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan mengajar ini berarti penilaian harus mengukur sisswa selama proses belajar mengajar di samping akhir unit atau kursus.
2.     Metode penilaian harus memungkinkan siswa untuk menunjukkan apa yang mereka ketahui lebih bahwa apa yang mereka tidak tahu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memiliki masalah-masalah yang beberapa solusi dengan strategi ganda.
3.     Penilaian harus mengoperasikan semua tujuan pendidikan mateatika, lebih rendah, menengah, dan tinggi tingkat order berpikir.
4.     Kualitas penilaian matematika tidak ditentukan oleh akseibilitas untuk penilaian objektif. Dalam hal ini, uji objektif dan uji mekanik, harus dikurangi dengan menyediakan siswa dengan tws dimana kita benar-benar dapat melihat apakah mereka memahami malasah.
5.     Alat penilaian harus praktis, tersedia untuk apliksi dalam masalah budaya sekolah, dan aksesibilitas terhadap sumber daya luar.

FOKUS PENILAIAN DALAM RME
1.     Observasi. Sebagai siswa bekerja secara individual, mendiskusikan ie-ide mereka satu sama lain, atau mendengarkan gagasan siswa lain, mengaati bukti adanya pemahaman mereka dan nyaman dengan matematika.
2.     Interaktif tanggapana. Perhatikan bagaimana siswa menjawab pertanyaan adan dan kepada mereka dari siswa lain. Rekam bagaiMana mereka mengklarifikasi dan merevisi ide-ide mereka sebagai bagian dari diskusi.
3.     Produk. Carilah kejelasan dan kualitas pemikiran dalam larutan siswa untuk menyelesaikan masalah di kelas dan sebagai pekerjaan rumah, kelompok mereka dan proyek individu, dan tulian mereka. Pertimbangkan metode yang disukai siswa untuk memecahkan masalah dan perhatikan apakah mereka menggunakan strategi informall atau formal.

PENILAIAN PELUANG DAN BAHAN

Kesempatan sedang berlangsung penilaian beberapa masalah dalam bagian memungkinkan guru utuk menilai siswa secara informal. Ringkasan tersebut diakhir setiap bagian termasuk masalah yang memungkinkan siswa untu menerapkan apa yang telah mereka pelajari untuk konteks masalah baru an masalah-masalah ini dapat bermanfaat untu penilaian informal.
Peluang penilaian lebih formal disediakan dalam bagian ini
1.     SCORING
Daam RME, proses dan produk adalah penting. Metode penilaian masalah tegantung pada jenis pertanyaan dalam setiap masalah. Sebagian besar pertanyaan menuntut siswa untuk menjelasan alasan mereka atau membenarkan jawaban mereka. Untuk pertanyaan ini, pertimbangkan enalaran siswa digunakan untuk memeahkan masalah serta kebeneran jawaban. Skema skor holistik dapat digunakan untuk mengevaluasi seluruh tugas.
2.     MAHASISWA EVALUASI DIRI
Evaluasi diri mendorong siswa untuk merefleki kemajuan mereka dalam belajar konsep matematika, mengembangkan kemamouan mereka untuk emngguanakan matematika, dan sikap mereka tehadap matematika.
3.     PENILAIAN PORTOFOLIO
Portofolio adalah kumpulan potongan siswa terpilih yang meakili karya siswa dan menunjukkan perubahan dalam lembur pemanahan siswa. Hal ini juga dapa mencakup komentar guru tentang potongan atau komentar yang lebih umum tentang pengalaman matematika siswa dan pemahaman.
4.     GURU-DIBUAT PENILAIAN
Meskipun pelajaran berisi materi penilaian, anda mungkin ingin membuat penilaian yang menerminkan kebutuhan siswa anda dan minat dalam kegiatan eksistendi mereka mungkin telah selesai. Pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
a.     Apakah kegiatan yang memungkinkan siswa untuk memunjukkan pengetahuan mereka bukannya mengidentifikasi apa yang mereka tidak tahu.
b.    Apakah masalah atau kegiatan bermakna bagi siswa
c.     Apakah kegiatan yang mengjasuskan mahasiswa untuk mengintegrasikan beberapa konsep yang berbeda atau membuat generalisasi
d.    Apakah kegiatan penilaian yang menarik bagi siswa? Apakah konteks bervariasi?
e.     Apakah kegiatan tertanam dalam konteks yang kaya yang memungkinkan siswa untuk alasan membuat ambungan, dan berkomunikasi secara matematis?


Share:

No comments:

Post a Comment

Music Untuk Santai :

Postingan Populer

Labels

Aplikasi (24) Artikel (27) Baru (1) Berita (7) BOS (3) Buku (2316) Dapodik (33) Dapodik 2016 (12) Dapodik 2018 (29) Dapodik 2019 (5) Dapodik 2020 (6) Dapodik Terbaru (23) Dapodik Update 2018 (23) Dapodikmen (14) Download (16) File (1) Files (3) Guru (392) Info (102) Installer (1) Juknis (2) K-2013 (1169) K13 (1) Kegiatan Ilmiah (18) Kelas 1 (183) Kelas 10 (114) Kelas 10 SMK (387) Kelas 11 (172) Kelas 11 SMK (387) Kelas 12 (153) Kelas 12 SMK (63) Kelas 2 (195) Kelas 3 (110) Kelas 4 (125) Kelas 5 (119) Kelas 6 (125) Kelas 7 (120) Kelas 8 (108) Kelas 9 (79) KTSP 2006 (1285) lagu Daerah (1) Lagu Wajib Nasional (10) Materi Pembelajaran Matematika (22) Modul (2) Nilai Siswa (10) NISN (4) Padamu Negeri (2) Pengantar (1) Pengenalan Komputer (4) Pengumuman (5) Perangkat (1) Perangkat Pembelajaran (2) Permen (1) Permendikbud (1) PIP (1) PMP (4) SD (687) Siswa (798) Situs Penting (11) SMA (429) SMK (837) SMP (298) Soal Matematika (18) Soal TIK (5) Software (44) Solusi (1) Surat (20) Tentang (1) Terkini (103) Trik (36) tugas kuliah (21) Tugas siswa (7) Tutorial (3) update (4) video (1)